Mengoptimalkan Kecerdasan Anak

19.14 Unknown 0 Comments

Mengoptimalkan Kecerdasan Anak

Memahami makna belajar sering dipersepsikan sebagai tindakan duduk diam di dalam kamar belajar, mendengarkan penjelasan guru, dan membaca textbook.Tentu saja persepsi ini mengandung kesalahan yang fatal, karena justru bisa membuat anak menjadi tertekan, yang mungkin akan berujung pada stress. 
Makna belajar sesungguhnya adalah bagaimana anak menerima informasi dari dunia sekitarnya, dan bagaimana dia memproses dan menggunakan informasi tersebut. Mengingat setiap anak memiliki keunikan tersendiri, dan gaya belajar masing-masing anakpun berbeda.
Gaya belajar anak dipengaruhi oleh faktor bawaan, ada anak yang memiliki fisik kuatdan prima,sehingga memiliki gaya belajar kinestetik. Atau ada anak yang memiliki rasa seni tinggi sehingga gaya belajar visual lebih melekat pada dirinya. 
Selain itu, pola asuh juga memegang peran penting dalam kemunculan gaya belajar seseorang. Maksudnya, gaya belajar ditentukan oleh sejauh mana orang tua melakukan stimulasi terhadap masing-masing indra anaknya (Edward, Caroline, 2009:45-46). 
Berdasarkan hal tersebut, Rumah Belajar Weka Naila merupakan sebuah sarana untuk mengoptimalkan kecerdasan anak, dengan  menyesuaikan gaya belajar yang dimiliki anak. Pengajar (Tentor) merupakan fasilitator yang mengajar dengan memperhatikan gaya belajar yang dimiliki anak. Pengajar (Tentor) selain melakukan observasi selama anak belajar di Rumah Belajar Weka Naila, juga menjalin kerja sama yang baik dengan orang tua. Disini anak berusaha untuk tidak jenuh saat belajar, namun juga dapat menguasai materi sekolah sesuai kurikulum saat ini. Hal yang sama juga diterapkan dalam Rumah Belajar Indonesia.


You Might Also Like

0 komentar: