Kebiasaan Belajar

11.15 Unknown 0 Comments

Belajar 3 S ( Santai, Serius, Sukses)

Kebiasaan belajar yang selalu diterapkan keluarga Pak Suparman (nama ayah kami) sangatlah mengesankan hingga sekarang. Belajar dengan ikhlas dan tanpa paksaan selalu diterapkan di rumah dari mulai penulis berusia 7 tahun. Kebiasaan tersebut diturunkan kepada adik-adik dan juga diikuti oleh tetangga-tetangga di dekat rumah.

Dengan modal sebuah bangku dan banyak sumber buku sebagai media belajar, tiap senja datang, saat itu anak-anak tetangga sudah berbondong-bondong pergi ke rumah. Mereka bersiap untuk mempelajari pelajaran esok, mengerjakan PR yang sekiranya menjenuhkan jika dikerjakan sendiri, bahkan tak jarang Pak Suparman memberi penjelasan kepada anak-anak yang belum paham.

Pak Suparman memiliki prinsip dalam belajar 3 S ( Santai, Serius, Sukses). Kebiasaan ini diikuti oleh kedisiplinan seorang ibu Siti Patimah (nama ibu kami) yang selalu setia menemani saat kami belajar.
Prinsip 3 S yang pertama adalah Santai, Belajar dibuat santai, sehingga pelajaran yang didapat bisa masuk dengan mudah ke dalam otak pikiran kita. Prinsip belajar kedua, Serius. Belajar harus dilakukan dengan serius yang artinya sungguh-sungguh, sesuai dengan kata bijak dalam bahasa Arab mengatakan "Man jadda wa jadda" artinya barangsiapa yang ingin berhasil harus berusaha sungguh-sungguh. Prinsip yang ketiga Sukses, Sukses akan datang saat kita melakukan belajar dengan sungguh-sungguh, meski saat menerima pelajaran bisa dilakukan kegiatan santai, yang tidak membuat otak tegang dan lelah. Sukses akan tercapai dengan ikhtiar dan tawakkal yang dilakukan oleh seseorang. Aamiin.

You Might Also Like

0 komentar: